Ketegangan Panggung Open Mic

Bagi sebagian besar komika, Open Mic itu menegangkan. Baik yang pertama kali mencoba Open Mic, maupun Komika-Komika Profesional, sebut saja Ridwan Remin, Dede Kendor, maupun Jui Purwoto. Semua (pasti selalu) merasakan ketegangan sebelum dan saat naik panggung Open Mic. Tanya saja mereka.

Rasa tegang saat Open Mic bukanlah sesuatu yang salah, yang salah hanyalah “Rasa Yang Tertinggal, ST12”, karena dia lupa. Abaikan.

Saat naik panggung, rasa tegang dibutuhkan untuk memproduksi Adrenalin dan Kortisol. Adrenalin sebenarnya adalah hormon yang di produksi di dalam kelenjar anak ginjal atau kelenjar adrenalin. Kelenjar adrenalin berfungsi melepaskan berbagai hormon ke dalam tubuh, yaitu adrenalin dan kortisol. Hormon adrenalin dilepaskan ketika seseorang sedang dalam kondisi marah, ketakutan, dan mengalami stress. Selain itu hormon ini juga dapat dirasakan pada saat kita melakukan kegiatan-kegiatan menegangkan, seperti berdiri di ketinggian, kecepatan tinggi, ruangan gelap, atau dalam suasana mencekam.

Lalu apa hubungannya dengan Open Mic? Hey Bro, suatu saat lu bakal Open Mic (mungkin) di ketinggian seperti di atas tower, atau dalam kecepatan tinggi di pesawat, bahkan dalam suasana mencekam seperti Open Mic di program Dunia Lain. Skip.

Untuk Open Mic sendiri, dari literature yang saya baca, ada beberapa manfaat adrenalin untuk Open Mic, yaitu:

  • Pada masa pelepasan adrenalin, maka aliran darah akan meningkat dan dapat mempercepat pengiriman oksigen dan glukosa ke otot dan otak.
  • Fungsi Adrenalin yang membuat otak menjadi waswas dan siaga, secara tidak langsung akan membuat indra tubuh lebih sensitif untuk merespon lingkungan dengan lebih baik dan meningkatkan fokus kita terhadap materi.
  • Adrenalin juga dapat meningkatkan kerja jantung sehingga energi yang di distribusi oleh darah lebih cepat tersebar. Hal ini akan meningkatkan kerja otot kita sehingga akan lebih optimal saat act out.

Fungsi adrenalin untuk kinerja kita memang sangat luar biasa. Kalian pernah dikejar anjing dan berlari lebih kencang dari biasanya kan? Bahkan sampai naik ke atas pohon sampai gak bisa turun? Atau mungkin dikejar anjing sampai berani ketemu calon mertua.

Adrenalin yang dihasilkan dari rasa tegang memang sangat luar biasa dalam meningkatkan kinerja kita. Jadi jangan khawatir kalau tegang melanda kala Open Mic. Yang harus di khawatirkan kalau anda tidak merasakan tegang menjelang Open Mic. Mungkin itu yang menyebabkan kemampuan Stand Up Comedy anda tidak berkembang. Seruput Kopi, Bahri.

Comments

comments

@bahhhri

Leave a Reply