#OpenMicBGR – @StandUpIndo_BGR

#OpenMicBGR, hashtag yang paling sering dibahas di TimeLine @StandUpIndo_BGR, sekaligus hashtag yang paling sering salah dimengerti oleh follower.

Karena itu, postingan kali ini mungkin akan dan harus menjadi yang paling populer di sejagat TimeLine dan google. Dengan adanya postingan ini, diharapkan tidak ada lagi followers yang tersesat di hashtag #OpenMicBGR. Seandainya ada yang tersesat, mimin cukup bilang “BACA!!!”, atau “Nanti Mimin jelasin saat dinner.” Kalau ternyata yang bertanya adalah Bidadari yang tersesat.

Oke, tidak seharusnya sebuah postingan memiliki Kata Pengantar. Mari kita mulai pembahasan dari pengertian Open Mic. Menurut Pandji Pragiwaksono (@pandji) di websitenya , “Open mic itu BUKAN istilah utk orang yang sedang stand up. Open mic itu adalah acara yg biasanya digelar kafe2 comedy untuk amatiran yg ingin menjajal dirinya. Biasanya jadi ajang comic baru cari nama. Gue pribadi menggunakan openmic utk jajal materi2 baru sebelum gue gunakan di gig komersil. Openmic biasanya gratis, tp tentunya ketika di kafe tsb tetep harus mesen makan/minum dan tetep bayar.”

Dari pernyataan @pandji tersebut dapat kita simpulkan satu hal yang paling penting dari #OpenMicBGR, yaitu JAJAN! #PesanSponsor

Secara serius, #OpenMicBGR adalah acara komunitas @StandUpIndo_BGR yang diadakan setiap hari Sabtu jam 18.30 malam di @TerasCorner #SupportYourLocalTalent #RTPuhlis :3 Sori kebiasaan di TL. Acara ini dibuat untuk komunitas, dari komunitas, dan oleh komunitas, untuk meningkatkan skill komika-komika amatir, dan tempat komika-komika profesional untuk uji materi sebelum gig komersil.

Walaupun aura komunitas yang dibentuk di #OpenMicBGR sangat kuat, namun sebenarnya acara ini juga dibuat untuk menghibur orang diluar komunitas (penonton). Ikatan yang kuat antara komunitas dan penonton terbentuk dengan sangat natural dan enjoy. Banyak penonton yang setia datang setiap minggu hanya sekedar untuk melepas lelah setelah menjalani weekday. Bahkan banyak juga yang tergoda sampai tergabung dengan komunitas dari acara ini.

Ada banyak pertanyaan berulang yang sering ditanyakan followers di timeline, berikut mimin rangkum dalam bentuk tanya jawab:

Q: Min, besok ada #OpenMicBGR gak?
A: Sejak hari kelahiran komunitas @StandUpIndo_BGR, 17 September 2011 #OpenMicBGR selalu diadakan setiap minggu tanpa pernah absen sekalipun. Prestasi ini akan selalu dipertahankan untuk menjamin kita akan selalu mengadakan #OpenMicBGR setiap minggunya.
Q: Min, besok yang naek siapa aja?
A: Jangan salahkan kalo mimin jawab Naruto, Sinchan, atau Minion. Karena Mimin tidak akan menjamin siapa yang akan datang ke #OpenMicBGR. Tapi Mimin menjamin kalian akan melihat sejarah lahirnya komika-komika hebat. 😀
Q: Min, HTM-nya berapa?
A: Khusus acara yang berembel-embel Open Mic, pasti gratis! Namun berhubung kita adakan di cafe, tentu kalian harus JAJAN kalo mau nonton!
Q: Min, cara daftar #OpenMicBGR gimana?
A: Kalian harus rajin liat timeline @StandUpIndo_BGR, setiap hari Senin kita akan kasih hashtag kode untuk pendaftaran #OpenMicBGR, kalo ketinggalan infonya cek tab favorite aja.
Q: Min, undang @radityadika ke #OpenMicBGR donk!
A: .........

Yang pasti, asiknya #OpenMicBGR gak akan bisa diceritakan dalam 140 karakter, jadi kalo mau ngerasain #OpenMicBGR, langsung aja datang ke @bull_wings setiap hari Jumat jam 7.30 malam.  Malabar Cafe, Hotel Horison jam 19.00 🙂

Resto Teras Corner

Setiap Hari Sabtu

Jam 18.30 – 20.30 WIB

Lt.3 Food Court BTM (Bogor Trade Mall)